Beranda > kesehatan, kti skripsi farmasi > Gambaran Kepatuhan Berdasarkan Pengetahuan dan Sikap Masyarakat terhadap Penggunaan Obat di Kelurahan (kode030)

Gambaran Kepatuhan Berdasarkan Pengetahuan dan Sikap Masyarakat terhadap Penggunaan Obat di Kelurahan (kode030)

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Pembangunan kesehatan merupakan salah satu upaya dari pembangunan nasional yang diselenggarakan disemua bidang kehidupan. Tujuan pembangunan kesehatan adalah tercapainya hidup sehat bagi setiap penduduk, serta untuk mewujudkan derajat kesehatan yang optimal (http://dosenmikom.ac.id).
Disamping itu dalam mewujudkan derajat kesehatan di masyarakat peranan obat sangatlah penting, karena obat merupakan salah satu faktor yang berpengaruh dalam penyembuhan suatu penyakit. Obat digunakan untuk mendiagnosis, mengurangi rasa sakit, mengobati, dan mencegah penyakit.
Dalam realita hampir sebagian besar orang yang menderita sakit akan melakukan usaha untuk menghilangkan atau mengurangi rasa sakit yang dideritanya. Namun tidak sedikit orang yang melakukan usaha penyembuhan tersebut gagal mematuhi prosedur terapi yang disarankan petugas kesehatan dan farmasis, sehingga berakibat pada kegagalan terapi maupun timbulnya efek samping yang lebih membahayakan dari sakit yang dideritanya. Perilaku ketidakpatuhan masyarakat dalam proses terapi pada umumnya terkait dengan aturan pemakaian obat, baik yang menggunakan resep dokter maupun yang langsung membeli obat ke apotek atau toko obat untuk menentukan pilihannya. Penyebabnya ketidakpatuhan yaitu adanya ketidakpahaman terhadap apa yang sesungguhnya pada proses pengobatan (http://dosenmikom.ac.id).
Pasien dikatakan patuh bila membeli seluruh obat, memakan obat tepat waktu, memakan sesuai anjuran dokter. Dan dikatakan tidak patuh bila tidak meminum obatnya dengan teratur, atau tidak menghabiskan dalam waktu yang diberikan sesuai anjuran dokter.
Sehubungan dengan penjelasan diatas penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang kepatuhan masyarakat terhadap penggunaan obat di dusun Desa Kecamatan .
1.2 Permasalahan
Masyarakat belum banyak mengetahui tentang pentingnya penggunaan obat dengan baik dan benar, dan tingkat pemahaman masyarakat terhadap penggunaan obat sangat minim.
1.3 Tujuan
Tujuan penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui kepatuhan masyarakat terhadap penggunaan obat di dusun desa Kecamatan .
1.4 Manfaat
Manfaat penelitian yang dilakukan adalah sebagai bahan masukan bagi peneliti dan pembaca untuk mengetahui sejauh mana kepatuhan masyarakat terhadap penggunaan obat.

silahkan downlod KTI Skripsi dengan judul

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: